Korban Penyalahgunaan Narkoba Mencapai 4,5 Juta Orang

Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Bangsa Indonesia yang saat ini dijajah dengan kemiskinan dan kebodohan harus segera dientaskan dan diatasi.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, untuk memerangi kebodohan, pemerintah meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi anak usia sekolah 7-18 tahun. Sedangkan, dalam pengentasan kemiskinan diluncurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi keluarga miskin.

“Tidak hanya itu, juga ada Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), kartu raskin dan kartu Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) bagi korban penyalahgunaan narkoba,” sebut dia saat memberikan sambutan di acara Kenduri Maulid Akbar di Taman Pala Indah, Kota Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (19/3).

Saat ini, kata Menteri Khofifah, korban penyalahgunaan narkoba 4,5 juta orang di seluruh Indonesia, dan uang yang digunakan untuk membeli narkoba dalam setahun mencapai Rp 62 triliun.


“Indonesia sudah pada tahap darurat narkoba. Pasalnya, narkoba sudah menjangkau desa-desa terpencil dengan korban dari berbagai kalangan dan profesi,” imbuhnya.

Untuk validasi data penerima kartu-kartu tersebut, pemerintah terus melakukan pembaruan data agar pembagian bisa merata. Kepada bupati serta kepala dinas sosial agar berkoordinasi mendata warganya yang berhak mendapatkan dari kartu tersebut.

“Bupati dan kadis agar mendata dan mendaftakan semua warga yang berhak mendapatkan segala kemudahan ini. Data itu bisa membantu memperbarui data terakhir penerima,” pintanya. (rus/rmol/dep)