Cipanas-Pacet Rawan Peredaran Narkoba

Kawasan Cipanas
Kawasan Cipanas
Kawasan Cipanas

POJOKSATU – Wilayah Cipanas dan Pacet sangat rawan penyebaran narkotika. Dalam dua bulan ada dua kasus penangkapan pengedar narkoba yang berhasil diringkus petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi Jabar.

Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Anang Pratanto menjelaskan, daerah Cipanas dan Pacet belakangan  menjadi tempat rawan peredaran narkotika di Cianjur. “Terbongkarnya beberapa kasus berkat laporan warga, dan setelah dilakukan penyelidikan kita mendapati seorang tersangka di wilayah Pacet,” jelasnya.

Menurutnya, dari pengungkapan tersebut pihaknya mengamankan seorang pria berinisial RS yang merupakan pengguna sabu-sabu di sebuah Real Estate di daerah Desa Gadog, Kecamatan Pacet, dengan barang bukti sabu-sabu dan alat hisap.

“Setelah itu kami berhasil mengembangkan kasus tersebut, dengan menangkap seorang pengedar berinisial WW alias B dan seorang pemakain sabu-sabu berinisial EE. WW alias B ini adalah residivis kasus narkotika. Dia baru setahun bebas dari Lapas Nusakambangan,” ujarnya.


Kasie Trantib Kecamatan Pacet Yanto Sufianto menuturkan, kawasan Kota Bunga dan Green Apple banyak dihuni oleh pendatang. Oleh karenanya, di kawasan tersebut kerap terjadi tindakan menyimpang seperti prostitusi, miras, dan lainnya.

“Bahkan beberapa waktu lalu di Green Apple ditemukan sabu. Makanya, kami akan memperketat pengawasan,” ujarnya.

Meskipun demikian, katanya, piahaknya sangat kesulitan untuk menertibkan areal vila itu, karena cakupan wilayahnya cukup luas dan pendatang bisa masuk kapan saja.

“Kami harapkan semua pihak bisa berperan aktif untuk menyelesaikan masalah ini, baik polisi, TNI, pemerintah, dan masyarakat harus bersama-sama ikut mengawasinya,” tandasnya.(fhn/dep)