Duh, Ruang Tahanan Disini Mudah Dicongkel Napi

Ilustrasi
Ilustrasi.
Ilustrasi.

POJOKSATU – Kondisi ruang tahanan di setiap Polsek yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya ternyata sangat buruk. Bila tak segera mendapat perbaikan, sejumlah narapidana alias tahanan pun diprediksi akan mudah melarikan diri.

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Adrianus Meliala mengatakan, salah satu penyebab maraknya tahanan kabur, diakibatkan karena buruknya kondisi ruang tahanan terutama di Polsek.

“Jadi kalau sudah level Polsek memang kualitas ruang tahanan yang buruk sekali, di mana jerujinya sudah jelek dan dindingnya sudah berkapur sehingga dicongkel-congkel itu lama-lama bisa jebol,” bebernya saat berbincang dengan RMOLJakarta, Senin (16/3).

Ia pun berharap, situasi ini bisa menjadi perhatian para pemangku kebijakan di lingkungan Polri untuk segera melakukan perbaikan dan pembenahan.


Adrianus menambahkan, selain buruknya kondisi ruang tahanan, yang menjadi faktor banyak tahanan kabur disebabkan karena ada kelalaian petugas.

“Dengan adanya kelalaian dalam bertugas ketika sedang berjaga malam, mampu mencoreng institusi pertahanan negara dalam mengawasi tahanan,” ujarnya. (adm/rmol/dep)