Desa Ini Rawan Pencurian Hewan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Daerah Desa Ciwalen, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur rawan pencurian hewan ternak. Di desa ini hampir setiap warga memiliki peternakan walaupun dalam skala kecil.

Tokoh Masyarakat Desa Ciwalen Ruhyat menuturkan, banyak warga Desa Ciwalen hobi beternak, hampir di setiap rumah pasti ada peternakan walaupun jumlah hewan yang diternakan sedikit “Tak jarang hewan ternak warga dicuri, akibat tingkat pengamanan yang seadanya. Bahkan domba saya saja, sudah dicuri beberapa kali,” akunya.

Menurutnya, peternakan adalah salah satu pekerjaan sampingan warga selain bertani. Meskipun demikian, ada juga warga yang mengandalkan hidup sehari-harinya dengan beternak. “Harga satu ekor domba saat ini di atas Rp1 juta. Oleh karenanya, kami berharap aparat pemerintah desa dan polisi bisa bekerjasama menangani aksi pencurian hewan ternak yang kian marak,” ujarnya.

Ketua RT4/11 Kampung Cinangka, Cecep Supriatna mengatakan, akibat minimnya keamananan, beberapa ekor hewan ternak milik warga kerap hilang. Bahkan di Kampung Cinangka beberapa waktu lalu sempat hilang satu ekor kerbau.


“Biasanya aksi pencurian kerap terjadi di atas pukul 24.00 WIB. Apalagi jalan di sejumlah titik di Desa Ciwalen sepi, seperti maling bisa leluasa kabur melalui jalan hutan, dari Kubang menuju Sadamaya hingga ke Cikalongkulon,” ungkapnya.(fhn/dep)