Tinggal di Rumah Panggung Reyot, Adim Alami Gizi Buruk

GIZI BURUK : Oma saat menggendong Adin yang tampak lemas.
GIZI BURUK : Oma saat menggendong Adin yang tampak lemas.
GIZI BURUK : Oma saat menggendong Adin yang tampak lemas.

POJOKSATU – Lagi-lagi kasus gizi buruk menimpa anak warga Cianjur. Kini dialami Adim Sopian (9) anak bungsu janda Oma (40) warga Kampung Cihaur II RT 02/05 Desa Gunungsari Ciranjang, alami kelainan pertumbuhan badan.

Tak hanya itu, Adim juga alami lumpuh layu, dan badannya terlihat tinggal tulang. Keluarga Oma sendiri tinggal di rumah panggung reyot dengan ukuran 5×4 meter persegi dan makan sehari-hari hanya menunggu belas kasihan orang lain.

Oma mengaku, sejak empat bulan dalam kandungan, Adim sudah ditinggal ayah kandungnya AN (45) karena menikah lagi dengan wanita lain. Sejak saat itu mantan suaminya tak pernah memberi nafkah, bahkan menjenguk pun hingga kini belum pernah. “Ya mau gimana lagi untuk berobat anak saya tidak ada uang. Hanya bisa pasrah dan menunggu bantuan yang rela dan ikhlas saja,” cetus Oma.

Untuk makan sehari-hari saja, dirinya hanya mengandalkan kuli tani. Itupun bila ada yang menyuruh, sehingga untuk makan saja hanya nasi dengan garam dapur atau kerupuk terlihat nikmat. “Maka pertumbuhan anak saya terhambat, selain kurus, perutnya juga buncit,” ungkapnya, seraya hingga kini belum ada dari pihak pemerintah setempat untuk datang menjenguk.


Sejak dilahirkan sampai usia tiga tahun, Adim sering dibawa ke Pos Yandu dan ke Puskesmas, tapi tetap saja tidak ada kemajuan. Untuk dirawat di rumah sakit dirinya tak sanggup karena faktor ekonomi, terutama untuk transport dan makan sehari hari.

“Makanya saya sekarang hanya pasrah saja menunggu keajaiban dari Allah SWT,” ucap Oma yan terlihat dua bola matanya berkaca-kaca.

Ketua RT setempat, Junaedi membenarkan, bahwa Adim Sopian telah lama menderita gizi buruk. Meski ia sering dibawa ke posyandu dan puskesmas. Maka hingga kini belum ada perubahan sama sekali pertumbuhan anak tersebut. “Kami berusaha sekuat tenaga warga untuk memberi bantuan,” ungkapnya.(mat/dep)