Jamaah Haji Berangkat 20 Agustus

Berangkat ke Tanah Suci. Foto: dok.JPNN
ilustrasi. Foto: dok JPNN (Grup Pojoksatu)
ilustrasi. Foto: dok JPNN (Grup Pojoksatu)

POJOKSATU – Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan rencana perjalanan haji (RPH) 1436H/2015 M. Pada jadwal itu disebutkan, penyelenggaraan haji akan dimulai 20 Agustus hingga 26 Oktober 2015.

Direktur Penyelenggaraan Haji Dalam Negeri Ahda Barori menuturkan, proses penyelenggaraan haji dimulai dengan masuknya para calon jamaah haji ke asrama haji pada 20 Agustus 2015. Setelah sehari menginap di asrama, mereka mulai diterbangkan menuju Tanah Suci. ”Gelombang pertama akan mulai diterbangkan langsung ke Madinah pada 21 Agustus,” ujarnya.

Selanjutnya, imbuh dia, pemberangkatan gelombang kedua menyusul pada 4 September 2015. Pemberangkatan dilakukan sesuai jadwal masing-masing embarkasi hingga dua pekan ke depan, 17 September 2015. Kedatangan terakhir gelombang kedua itu sekaligus menjadi close date Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Artinya, tidak ada lagi penerbangan haji menuju ke Arab Saudi.

Berbeda dengan gelombang pertama, seluruh jamaah gelombang kedua itu akan langsung menuju Jeddah. Mereka dijadwalkan melaksanakan ibadah haji (wukuf) terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah arbain di Madinah. Ibadah wukuf berlangsung pada 22 September 2015. ”Kalau gelombang pertama, kan sebaliknya,” tutur dia.


Seluruh rangkaian ibadah haji diperkirakan rampung pada akhir September. Gelombang pertama yang datang lebih awal dipulangkan pada 29 September. Diikuti gelombang kedua beberapa hari setelahnya. ”Akhir kedatangan pada 26 Oktober,” ungkapnya.

Tahun ini Indonesia hanya akan memberangkatkan 168.800 jamaah. Kuota tersebut sama dengan tahun sebelumnya sebagai imbas pemotongan kuota 20 persen oleh pemerintah Saudi. Seperti diketahui, pemangkasan itu harus dilakukan karena adanya peremajaan di Masjidilharam dan sekitarnya. (mia/c6/end/dep)