Malam Kudus di Gereja Jayapura Aman dan Khidmat

Perayaan malam Natal di gereja Jayapura, Papua. Foto: Cendrawasih Pos
Perayaan malam Natal di gereja Jayapura, Papua. Foto: Cendrawasih Pos

POJOKSATU, JAYAPURA­- Pelaksanaan ibadah malam kudus yang diikuti ribuan umat kristiani maupun Katolik di Kota Jayapura di sejumlah gereja berlangsung aman dan penuh khidmat. Seperti dilaporkan Cenderawasih Pos di beberapa gereja di Jayapura semua berjalan aman, seperti di GKI Pengharapan Kota Jayapura, dan gereja Fransiskus Asisi Apo Jayapura, rata­rata jemaat yang mengikuti pelaksanaan ibadah malam kudus mengikutinya penuh khidmat dan suka cita, tidak hanya itu, sejumlah pengamanan juga di siapkan dan disiagakan di masing –masing gereja supaya lebih tenang dalam melakukan ibadah dan pengaturan lalu lintas juga lebih tertib.

Untuk pengamanan sendiri dalam pelaksanaan ibadah malam kudus dilakukan mulai dari aparat TNI/Polri, Rapi Kota Jayapura, Orari, pemuda Islam, maupun lainnya.

“Jadi ibadah malam kudus di gereja GKI Pengharapan Kota Jayapura Rabu (24/12) berjalan aman dan khidmat, dimana GKI Pengharapan adalah salah satu gereja terbesar di Jayapura selama Ibadah malam kudus dilakukan 2 kali yakni pukul 17.00 WIT dan pukul 19.00 WIT, ’’ ungkap James salah satu jemaat di sana saat datang mengikuti Pelaksanaan ibadah malam kudus.

Diakuinya, suasana ibadah malam kudus tahun ini memang sedikit berbeda karena jumlah jemaat yang hadir lebih banyak dan berlangsung penuh dengan suka cita dan Khidmat, untuk pendeta yang memimpin khotbah atau pelayaan pada saat pelaksanaan ibadah malam kudus di GKI


Pengharapan dipimpin oleh pendeta Frans Vokames. “Selama ibadah berlangsung untuk penjagaan dan pengaturan lalu lintas kami dibantu dari pihak kepolisian Kota Jayapura, Tim Satgas Rapi Kota Jayapura, Orari, pemuda Islam maupun lainnya, dan pastinya setiap tahun semua ikut terlibat,’’imbuhnya.

Ditempat terpisah, Wartawan Cenderawasih Pos juga memantau pelaksanaan ibadah misa malam kudus di gereja Fransiskus Asisi Apo Jayapura, para jemaat yang hadir di sana kurang lebih 600 orang, dimana dalam pelaksanaan ibadah malam kudus tersebut dipimpin oleh pastor Pater Darius Kuntara OFM, ibadah dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIT. Salah satu jemaat saat ditemui Cenderawasih Pos yang mengaku bernama Putra mengatakan, untuk tahun ini pelaksanaan ibadah malam kudus berjalan aman sesuai dengan harapan, untuk jemaat yang hadir tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, namun suasana memang cukup berbeda.

Sementara itu, dari pantauan Cenderawasih Pos khususnya di luar gereja dan di Jalan semua petugas banyak yang siaga lalu lintas pun berjalan lancar, karena petugas lalu lintas sudah berada di setiap jalan untuk menjaga lalu lintas terkendali dengan baik, dan dimulai dari sebelum acara ibadah, khusus untuk lahan parkir kendaraan jemaat di masing­masing gereja juga telah diatur sehingga jemaat tidak khawatir saat ibadah.(dil/cendrawasih pos)