Berantas Calo, BPJS Gandeng Polisi

Suasana pelayanan di kantor BPJS Bekasi. Foto: Gobekasi.com
Suasana pelayanan di kantor BPJS Bekasi. Foto: Gobekasi.com
Suasana pelayanan di kantor BPJS Bekasi. Foto: Gobekasi.com

POJOKSATU – Tak ingin calo kian merajalela, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota menggandeng pihak kepolisian. Pihak berwajib diminta ikut mengawasi proses pendaftaran BPJS yang diduga banyak melibatkan calo.

Demikian dikatakan Kepala Umum dan Teknologi Informasi BPJS, Taufiqurrahman kepada Radar Bekasi, kemarin. ’’Langkah ini diambil untuk menanggapi keluhan masyarakat yang kerap merasa terganggu oleh aksi para calo tersebut. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa nyaman bagi para peserta yang ingin mendaftar,” ujar pria yang akrab disapa Taufiq saat dimintai keterangan oleh Radar Bekasi (grup pojoksatu.id), kemarin.

Dijelaskan Taufiq, sesuai dari hasil rapat, pihaknya sudah siapkan Tim Khusus (Timsus) untuk mengantisipasi dan memperketat pengamanan terkait semakin banyaknya calo yang berkeliaran. Kata dia, jangan sampai keberadaan calo mengganggu kenyamanan para pengunjung yang benar-benar ingin mendaftar sendiri.

’’Jadi nanti Timsus yang dibantu dengan petugas keamanan, akan melakukan pengawasan dengan berkeliling ke seluruh area Kantor BPJS. Mulai dari area parkir, taman, kantin, dan tempat fotokopi. Hal ini kita lakukan untuk mempersempit ruang gerak para calo,” jelasnya.


Selain itu Taufiq juga mengungkapkan, pihaknya menempatkan dua petugas keamanan di depan pintu masuk untuk memeriksa KTP dan Kartu Keluarga (KK) dari calon peserta yang akan mendaftar BPJS.

’’Jadi peserta yang mendaftar BPJS harus sesuai dengan KTP dan KK. Jika pendaftar diwakilkan, minimal si pendaftar mempunyai surat keterangan yang menyatakan jika ia memiliki hubungan darah dengan yang bersangkutan. Apabila persyaratan tidak bisa dipenuhi, maka tidak akan kami layani,” pungkasnya.(and)