Sulit Jangkau Wilayah Selatan, Cianjur Butuh Tambahan Pos Damkar

POJOKJABAR.com, Cianjur – Pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur masih sering kesulitan dalam menangani peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah Cianjur selatan.


Pasalnya jarak yang teramat jauh dari beberapa Wilayah Management Kebakaran (WMK) atau pos Damkar di setiap titik sehingga time respon untuk penanganan pun lambat terjadi.

Kabid Damkar dan Satpol PP Cianjur Hendra Wira mengatakan, saat ini Damkar dan Satpol PP Cianjur hanya memiliki 5 pos atau WMK (wilayah management).

“Saat ini hanya memiliki 5 WMK yakni WMK 1 Cianjur, WMK 2 Ciranjang, WMK 3 Cipanas, WMK 4 Cikalong dan WMK 5 Cibeber,” katanya, Minggu (12/12/2021) melalui sambungan telepon.


Untuk penanganan kebakaran di wilayah Selatan, Hendra menuturkan WMK terdekat yakni WMK 5 Cibeber yang notebene nya berjarak puluhan kilometer untuk menempuh beberapa daerah di wilayah Cianjur selatan.

“Kebetulan untuk wilayah selatan yang terdekat pos atau WMK 5 Cibeber itu juga akan jalan apabila ada laporan pada saat kejadian. Kalau tidak ada laporan kebakaran petugas otomatis tidak akan mengetahui ada kejadian. Disetiap pos kami ada yang piket selama 1×24 jam,” ujarnya.

Padahal idealnya sesuai Permendagri maksimal time responnya 15 menit.

“Sehingga untuk penanganan kebakaran memang terkendala jarak dari pos WMK ke lokasi Cianjur Selatan,” ungkapnya.

Hendra berharap kedepannya, Pemerintah mampu menambah WMK khusus penanganan di wilayah Cianjur bagian selatan.

“Mudah mudahan kedepan pemerintah bisa membangun beberapa WMK lagi di wilayah selatan Cianjur untuk melayani warga disana, dan dilengkapi dgn sarana prasarana yg mendukung,” pungkasnya.

(rc/byu/pojokjabar)