Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Rumah di Desa Sindangasih Cianjur Rusak

AMBRUK: Sekitar jalan di Desa Sindangasih rusak setelah angin kencang menerjang kawasan Kecamatan Karangtengah. (Foto: Hakim/RC)

POJOKJABAR.com, Cianjur – Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur diterjang angin puting beliung pada Rabu (11/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Sedikitnya belasan rumah terdampak akibat angin kencang tersebut dan satu orang warga dikabarkan mengalami luka ringan.


Dari informasi yang diterima, sebelum terjadinya angin kencang, hujan deras sempat mengguyur kawasan tersebut dan tak berselang lama angin kencang pun datang.

“Awalnya hujan deras disertai angin kencang, tidak lama muncul angin puting beliung dari arah barat ke arah timur ke pemukiman warga,” ujar Pulpul Firdaus (30) warga sekitar kejadian.

Ia memaparkan, angin puting beliung tersebut menghantam warga di salah satu perumahan dan pemukiman penduduk di Desa Sindangasih. Akibatnya belasan rumah rusak, dengan beberapa diantaranya rusak berat lantaran atapnya terhempas angin.


“Ada belasan rumah yang rusak. Sebagian besar rusak ringan, tapi ada juga yang rusak berat sampai atap rumahnya ambruk. Selain itu kios dan gerobak pedagang rusak diterjang angin puting beliung,” ungkapnya.

Sementara itu, Samsidin (22), salah seorang warga mengalami luka ringan akibat bencana tersebut menceritakan, dirinya tertimpa batu bata yang roboh akibat dihantam angin puting beliung.

“Begitu lihat angin puting beliung, saya dan beberapa warga mencoba berlindung. Tapi ternyata angin mengarah ke tempat saya dan merobohkan atap serta beberapa batu bata penyangga. Kepala saya tertimpa batu bata yang jatuh. Tapi hanya luka ringan,” paparnya.

Hingga saat ini, pihak Kecamatan Karangtengah tengah melakukan pendataan kerusakan rumah warga yang terdampak.

“Kami masih melakukan pendataan rumah yang terdampak angin kencang yang menerjang sore ini,” singkat Camat Karangtengah, Djoko.

(rs/kim/pojokjabar)