Polres Bogor Berencana Tutup Jalan Raya Puncak saat Nataru

Kepadatan lalulintas di jalur Puncak Bogor

POJOKBOGOR.com – Kepolisian Resor Bogor, membuka kemungkinan adanya penutupan Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Kapolres Bogor, AKBP Harun mengungkapkan penutupan akses menuju Kawasan Puncak, akan diberlakukan jika mobilitas warga meningkat saat libur nataru, kemudian kendaraan akan diputar balik.

“Mungkin untuk ditutup. Tapi kita lihat kebijakan dulu dari pusat seperti apa. Kita akan selaraskan kebijakan pemerintah pusat dengan daerah,” kata Harun, Selasa (7/12).

Jika penutupan Jalan Raya Puncak masih sebatas rencana, namun yang pasti, penerapan ganjil-genap, di kawasan Puncak masih diberlakukan, bahkan akan lebih ketat.


Menurut Harun, ganjil-genap cukup ampuh untuk mengurangi kepadatan kendaraan di kawasan Puncak, terlebih Kementerian Perhubungan juga akan menerapkan ganjil-genap di sejumlah ruas tol.

Seperti Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong-Sukabumi (Bocimi), Tol Cikampek-Palimanan-Kanci dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Rencananya, kebijakan serupa juga diterapkan di wilayah aglomerasi Jabodetabek, serta di tempat-tempat wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Ya itu kita ikuti. Kita di Bogor juga akan tambah beberapa pos sekat, terutama di jalan-jalan alternatif menuju kawasan wisata khususnya yang menuju Puncak,” jelas Harun.

(cek/pojokbogor)