Pemkab Bogor Berharap DWP Berperan Aktif Pulihkan UMKM usai Dihantam Pandemi

POJOKBOGOR.com – Pemerintah Kabupaten Bogor, menaruh harapan besar kepada Dharma Wanita Persatuan (DWP), dalam membangun ketahanan perempuan dan memulihkan UMKM di Bumi Tegar Beriman.


Dewan Penasehat DWP sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin menjelaskan, perempuan memiliki peran besar dalam sektor UMKM.

Kata Burhan, berdasarkan survei Bank Dunia, menemukan 42,8 persen UMKM dimiliki perempuan, sedangkan data BPS 2020, menunjukkan, sebanyak 50 persen pelaku UMKM adalah perempuan.

Kewajiban kita adalah mendukung UMKM yang menjadi penghidupan bagi sebagian besar masyarakat kita, khususnya kaum perempuan,” kata Burhanudin, dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-22 DWP tahun 2021, di Chevilly Resort and Camp, Ciawi, Selasa (7/12).


Burhan juga mengungkapkan, UMKM merupakan salah satu sektor yang terkena hantaman kerasa Pandemi Covid-19.

Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap UMKM menunjukkan bahwa 94 persen usaha mengalami penurunan penjualan, bahkan lebih dari 40 persen UMKM dari berbagai kelas usaha mengalami penurunan penjualan lebih dari 75 persen.

“Saya juga berharap DWP terlibat aktif dalam literasi digital khususnya bagi kaum perempuan, bagaimana mengambil manfaat secara optimal dari gadget dan mendorong para ibu agar lebih berhati-hati dalam memantau pergerakan anak-anak di dunia maya menggunakan gadget,” kata dia.

Menurutnya, DWP dapat berperan aktif, berkolaborasi dengan stakeholder untuk menggeliatkan kembali UMKM Kabupaten Bogor melalui berbagai kegiatan pengembangan UMKM, pelatihan desain, kemasan, promosi dan pemasaran online, bazaar, bantuan permodalan, yang secara nyata memberikan manfaat bagi UMKM.

Selanjutnya, Ketua DWP Kabupaten Bogor, Nurhayati menjelaskan, DWP memiliki visi dan misi salah satunya ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya masyarakat yang paling terkecil yaitu keluarga.

“Selanjutnya melalui program kerja kami, mudah-mudahan bisa terjadi keselarasan bagaimana kita meningkatkan ketahanan mental dan fisik kita, bagaimana kita meningkatkan UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Bogor,” katanya.

Hadir pula pada HUT ke-22 DWP yakni Ketua PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah, hingga Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Lilis Hayatun Nafsiah, unsur perangkat daerah, BUMD dan instansi vertikal di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.

(cek/pojokbogor)