Kemenristekdikti Berikan 5 PTN Favorit Rp 5 Miliar Tiap Tahun, Ini Alaannya

Menteri Pendidikan dan Riset Teknologi Dikti. M. Nasir
Menteri Pendidikan dan Riset Teknologi Dikti. M. Nasir
Menteri Pendidikan dan Riset Teknologi Dikti. M. Nasir
Menteri Pendidikan dan Riset Teknologi Dikti. M. Nasir

POJOKATU.id, JAKARTA – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menargetkan akan membawa lima perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia untuk masuk jajaran 500 kampus terbaik sedunia.

Dalam mewujudkan ini, Kemenristekdikti menyiapkan kucuran dana Rp 5 miliar per tahun untuk membantu PTN melakukan pengembangan. Hal ini diungkapkan Ketua Tim Peningkatan Reputasi Kemenristekdikti Prof Wawan Gunawan.

Perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan menerima kucuran dana yakni Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Dana itu bersifat kompetitif. Artinya, untuk mendapatkan dana tersebut, lima PTN wajib berinovasi,” ujar Prof Wawan, Selasa (20/10/2015).


Untuk mendapatkan dana pengembangan ini, masing-masing PTN harus memberikan proposal kepada Kemenristekdikti untuk pengajuan dana untuk pengembangan internal.

Pengembangan internal ini meliputi memperbarui data dosen asing, meningkatkan jumlah peneliti dan mahasiswa internasional, atau mengumpulkan data penelitian serta penyelenggaraan lembaga khusus.

“Poin-poin tersebut merupakan penilaian yang difokuskan pada peningkatan peringkat dunia,” ujarnya.

Dalam menghadapi persaingan peningkatan peringkat dunia ini, masing-masing PTN optimistis akan mampu memenuhi target yang diberikan Kemeristekdikti untuk masuk dalam rangking 500 besar dunia.

(zul/pojoksatu)