Gawat, Akibat Kebakaran Hutan, Taman Nasional Manusela Terancam

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.ID, AMBON – Peristiwa kebakaran hutan di Kabupaten Maluku Tengah terus meluas. Bahkan, hingga Senin (12/10/2015), kebakaran itu telah menghanguskan 50.000 hektar hutan dan telah mengancam empat kecamatan yaitu Kecamatan Seram Utara, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kecamatan Seram Utara Timur Seti dan Kecamatan Seram Utara Barat.

Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal mengungkapkan, kebakaran hutan telah mencapai kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Manusela. ”Kebakaran sudah sangat dekat dengan taman Nasional Manusela, kalau kondisinya masih begini bisa saja api akan membakar Taman Nasional Manusela juga,” ujarnya prihatin.

Bupati menambahkan, terkait musibah kebakaran hutan itu, pihaknya telah melaporkan ke Pemprov Maluku dan berencana meminta bantuan dari pemerintah pusat. “Kita sudah turunkan tim gabungan TNI dan Polri serta masyarakat tapi tidak mampu mengatasinya,” tuturnya.

Menurut Bupati, pemerintah kabupaten sudah berupaya mengantisipasi kebakaran hutan. Namun karena tidak adanya fasilitas dan peralatan canggih, kebakaran hutan tidak dapat dikendalikan.

”Kalau menggunakan hujan buatan dengan bantuan pesawat mungkin akan sangat baik untuk mengantisipasi kebakaran hutan, tapi ini tidak ada. Jadi kita berdoa saja semoga ada hujan yang turun,” papar Bupati.

(yaz)

Feeds