Hei Perokok, Buang Puntung Rokok Sembarangan Kena Denda Rp 1,1 Juta Loh

Puntung Rokok
Puntung Rokok
Puntung Rokok

POJOKSATU.ID, PARIS – Masyarakat yang gemar merokok kini wajib ekstra hati-hati. Setelah merokok, puntung rokok bekas hisapan harus dibuang pada tempatnya karena jika dibuang sembarangan dapat dikenakan denda dengan nominal uang yang relatif sangat besar.

Mulai Kamis (01/10), pemerintah Kota Paris telah memberlakukan denda 68 euro atau sekitar Rp 1,1 juta bagi siapa saja yang kedapatan membuang puntung rokok sembarangan.

Menurut pemerintah Paris, puntung rokok merupakan salah satu zat beracun yang dapat menrusak lingkungan. Sebagai contoh, apabila dibuang ke selokan, maka akan membuat air menjadi kotor dan tercemar.

Setiap tahun di Paris, 350 ton puntung rokok dibuang di jalan-jalan. Sebelumnya, pada 2008 pemerintah Paris telah memberlakukan larangan merokok diperluas pada sejumlah tempat termasuk bar dan restoran.


Justru beberapa orang beranggapan, larangan rokok di bar dan restoran mendorong orang-orang merokok di jalan dan mereka inilah yang membuang puntung rokok semakin banyak terbuang sembarangan.

Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk menghancurkan dan mengurai puntung rokok dan selama periode ini puntung tersebut mengeluarkan polutan.

(bbc/yaz)