Nyamuk Malaria Bunuh 80 Persen Pasukan TNI di Papua

Nyamuk malaria
Nyamuk malaria
Nyamuk malaria

POJOKSATU.ID, PAPUA – Ada ‘musuh’ lain yang harus dihadapi prajurit TNI saat bertugas di Papua. Kali ini ‘musuh’ itu merupakan makhluk hidup bersayap yang mampu memberikan dampak kematian kepada setiap anggota TNI.

Adalah nyamuk pembawa penyakit malaria lah yang berhasil menewaskan 80 persen prajurit TNI di Papua. Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian mengungkapkan 80 persen prajurit yang bertugas di Papua, gugur karena terserang malaria.

“Prajurit yang bertugas di Papua harus makan tiga kali sehari serta senantiasa bergembira,” kata Pangdam, pada pengarahannya di hadapan 1.400 prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) di Jayapura, Senin (28/9/2015).

Menurut Pangdam, negara sudah memberikan uang makan untuk prajurit sehingga tidak perlu merasa khawatir. “Saat ini uang makan prajurit sebesar Rp 60 ribu dan jumlahnya relatif dapat memenuhi kebutuhan prajurit,” tegas dia.


Jendral bintang dua TNI itu menambahkan, dengan tetap menjaga suasana hati yang riang gembira dan makan yang cukup niscaya malaria tidak menyerang prajurit di Papua.

Menurut dia, para prajurit TNI wajib menerapkan 3 S yakni senyum, sapa dan salam. “Sehingga keberadaan TNI di tengah masyarakat dapat diterima dengan baik,” imbuh Pangdam.

(yaz)