Tiga Jenazah WNI Tragedi Mina Tak Akan Dipulangkan Kembali ke Indonesia

Petugas mengevakuasi korban tragedi Mina
Petugas mengevakuasi korban tragedi Mina
Petugas mengevakuasi korban tragedi Mina

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Tiga jamaah haji warga negara Indonesia (WNI) korban tragedi Mina tidak akan dipulangkan kembali ke Indonesia. Semua korban tragedi Mina akan
dimakamkan di Arab Saudi. Saat ini, Kementrian Agama RI masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah Arab Saudi.

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Kementerian Agama RI, Rosidin Karidi mengatakan, kordinasi dengan keluarga korban sudah dilakukan sejak tadi malam. Keluarga korban
sudah mendapat informasi dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Namun, mengantisipasi keluarga tak mendapat informasi, Rosidin memastikan ada instruksi kepada Kementerian Agama cabang daerah untuk menyampaikan pesan duka tersebut.
“Kalau itu belum bisa dilakukan, kantor Kemenag daerah sudah diperintahkan untuk menghubungi,” lanjut dia.

Rosidin membenarkan adanya indikasi tragedi Mina jamaah asal Indonesia tersebut terpisah dari rombongan dan tersasar ke jalur jamaah dari negara lain.


Terkait jatuhnya korban jiwa tragedi Mina, dia menengarai ada faktor kelelahan, mengingat usia dua jamaah yang berhasil diidentifikasi di atas 50 tahun.

Kendati demikian, lanjut Rosidin, tak akan ada perubahan jadwal ibadah haji untuk jamaah asal Indonesia karena terjadinya insiden ini.

“Jadwal jamaah haji Indonesia tetap semua pada jadwal yang sudah direncanakan semula, termasuk pemulangan tidak mengalami perubahan,” papar Rosidin.

(yaz)