Waspada! Dari Malaysia, Militan ISIS Latihan di Poso, Menuju ke Puncak Jawa Barat

Abu Ibrahim al-Hashemi
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Pergerakan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah merambah ke negara Indonesia. Kini, kelompok ISIS bekerja sama dengan sindikat penyelundup manusia membawa militan asing datang Indonesia melalui rute Malaysia. Hal ini diungkap media Australia, ABC, dalam wawancaranya dengan Kepala Badan Anti-Terorisme Nasional Indonesia, Saud Usman Nasution.

Kata Saud, ISIS tiba di Sumatra melalui Malaysia kemudian dibawa ke Poso, Sulawesi Tengah, tempat yang diduga menjadi tempat pelatihan militan ISIS. ”Kami melihat bahwa beberapa militan teroris dari luar negeri datang ke Indonesia,” katanya.

Pertama, ISIS meninggalkan Malaysia dan menuju Pekanbaru, Sumatra dilanjutkan menuju kawasan Puncak, Jawa Barat. Menurut Saud, itu semua difasilitasi oleh jaringan pencari suaka. Kemudian dari Puncak mereka akan ke Makassar dan Poso, dengan difasilitasi jaringan ISIS.

”Jadi kita perlu tetap waspada, terlebih karena ada informasi bahwa di Malaysia ada ribuan, atau banyak pejuang teroris asing ada yang akan dikerahkan. Kita tidak tahu di mana dan di bawah jaringan siapa,” imbau Saud.


Dia mamaparkan, ada banyak kelompok-kelompok radikal dan teroris di Indonesia yang ingin membalas dendam terhadap apa yang mereka lihat sebagai ketidakadilan dari Barat terhadap Muslim.

“Jadi kita perlu tetap waspada terus, terutama setelah kawanan pulang dari Irak dan Suriah ke Indonesia,” imbuh Saud.

Sekitar 76 orang Indonesia telah pulang Suriah, sementara 52 orang meninggal di sana dengan empat orang di antaranya menjadi pelaku bom bunuh diri.

(yaz)