Ini Dua Orang Yang Bisa Tundukan Ahok di Pilgub 2017

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahtja Purnama (Ahok)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahtja Purnama (Ahok)
Basuki Tjahtja Purnama (Ahok)
Basuki Tjahtja Purnama (Ahok)

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dipastikan akan maju mencalonkan diri merebut kursi DKI 1 di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017. Bahkan, sejumlah pengamat politik pun mulai angkat bicara lawan sepadan yang dinilai mampu mengalahkan Ahok.

“Kalau kalkulasi politik saya, hanya dua yang bisa menyaingi dan menandingi Ahok. Yaitu Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini. Ya, kalau tinju, itu lawan yang sebanding dengan mereka, lawan berat lah,” kata Pengamat politik Emrus Sihombing.

Emrus menambahkan, Ridwan Kamil atau Risma sama-sama memiliki prestasi yang mumpuni ketika menjabat sebagai wali kota Bandung dan wali kota Surabaya.

Menurut Emrus, siapa saja berhak mencalonkan diri di Pilgub DKI. Termasuk pengusaha kondang, Sandiaga Uno dan mantan Menpora era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Adhyaksa Dault.


Tapi, menurut Emrus, untuk melawan Ahok bukan perkara mudah. Karena, selain sebagai calon gubernur incumbent, Ahok juga memiliki reputasi memimpin Jakarta yang disaluti sebagian besar masyarakat ibu kota.

“Ahok itu kan disukai karena ketegasan dan keberaniannya. Terlepas masyarakat tidak tahu di belakang panggung politiknya,” katanya.

Menurut dia, selama ini, masyarakat hanya melihat Ahok dari satu sisi, yakni luarnya. Persepsi publik yang terbentuk selama ini, Ahok berani, bahkan berani melawan organisasi-organisasi besar.

(yaz)