Beasiswa Pascasarjana Amerika? Cobalah Perhatikan 5 Hal Ini!

Universitas Hardvard di Amerika
Universitas Hardvard di Amerika
Universitas Hardvard di Amerika
Universitas Hardvard di Amerika

POJOKSATU.id, JAKARTA – Berkuliah di luar negeri merupakan impian dari hampir seluruh mahasiswa di Indonesia. Lantas, bagaimana cara mereka untuk bisa berkuliah di luar negeri?

Beberapa negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia rajin memberikan beasiswa kepada seluruh mahasiswa yanh berada di dunia, tak terkecuali mahasiswa yang berada di Indonesia.

Salah satu negara yang rajin memberikan beasiswa adalah Amerika. Biasanya, Amerika memberikan beasiswa full, mencakup biaya kuliah dan hidup sehari-hari mahasiswa.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di Amerika? Berikut pojoksatu.id merangkum 5 hal yang menjadi penilaian untuk menerima beasiswa di Amerika pada program perkuliahan pascasarjana.


1. Riwayat Pendidikan

Bagi anda yang ingin mendapatkan beasiswa pascasarjana di Amerika, maka perhatikanlah bidang studi yang anda pilih dengan latar belakang akademis anda.

Tak hanya itu, anda juga harus memiliki nilai yang baik, dan juga kemampuan yang sesuai dengan bidang studi kuliah yang anda pilih.

2. Ujian Masuk

Biasanya, sebelum anda mendapatkan beasiswa. Anda akan melewati serangkaian ujian penerimaan beasiswa. Ujian masuk ini menjadi penentu anda diterima mendapatkan beasiswa ataukah tidak.

3. Syarat

Perhatikanlah syarat yang diajukan untuk mendapatkan beasiswa. Siapkanlah segala sesuatu yang dibutuhkan dalam mendaftar beasiswa pascasarjana.

4. Dokumen Penting

Jangan lupa menyiapkan berkas-berkas atau dokumen penting sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa di Amerika.

5. Standar Penerimaan

Biasanya ada standar penilaian yang harus anda penuhi sebelum mendaftar beasiswa pascasarjana di Amerika, salah satunya adalah kemampuan berbahasa yang meliputi kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara dalam bahasa internasional, yakni bahasa Inggris.

Biasanya juga anda akan diharusnya melakukan tes TOEFEL atau tes IELTS dengan nilai standar tertentu yang harus anda raih.

Itulah 5 hal yang menjadi penilaian untuk menerima beasiswa di Amerika pada program perkuliahan pascasarjana. Selamat mencoba!

(zul/pojoksatu)