Pemprov Jateng Cicil Tunggakan Pajak Rp 1,3 Triliun

pajak
Pelayanan Pajak
Pelayanan Pajak
Pelayanan Pajak

POJOKSATU.ID, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) akan membuka kantor sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) di tiap kecamatan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor masyarakat di tiap wilayah sekaligus mengurangi besaran tunggakan pajak yang terjadi di Jateng.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DP2AD) Jateng, Hendri Santosa mengatakan, sejak tahun 2000 hingga 2015, tunggakan pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah mencapai Rp 1,3 Triliun.

Hendri menjelaskan, uji coba samsat di tingkat kecamatan akan dilakukan pada Oktober mendatang. Peran serta pembayaran pajak oleh masyarakat diharapkan dapat memangkas bobot pajak kendaraan bermotor di Jateng. Uji coba akan dilakukan di enam wilayah yang ada di Kabupaten Brebes, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Rembang.

Secara teknis, lanjut Hendri, pembayaran pajak kendaraan di kecamatan akan bersamaan dengan pelayanan terpadu lain yang sudah ada di kecamatan. Sejauh ini, di sejumlah kantor telah dilengkapi dengan layanan online pembayaran pajak bumi dan bangunan dan izin mendirikan bangunan.


“Nanti bayar pajak kendaraan bermotor bisa di kantor kecamatan. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke kota,” terang Hendri.

Guna memaksimalkan pembayaran pajak kendaraan bermotor, DP2AD tengah melakukan kordinasi dengan kecamatan-kecamatan yang sudah siap. Bahkan, dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng dan Jasa Raharja.

(yaz)