Bocah Kelas 5 SD Tewas Terseret Arus Pantai

tewas
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.ID, BALIKPAPAN – Seorang anak yang masih duduk di bangku SD kelas 5 ditemukan sudah tak bernyawa di bibir Pantai Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Balikpapan, Kalimantan Timur. Siswa yang diketahui bernama Alta (10) ini meninggal dunia setelah terseret arus.

Alta ditemukan Minggu (13/9/2015) sore oleh tim gabungan pencari orang hilang dan jasadnya langsung dibawa ke RS Bhayangkara.

“Ditemukan sekitar lima meter dari bibir pantai. Ditemukan saat air pasang, ombak besar, di kedalaman air sedada kami,” kata Hendro Susanto, seorang staf tanggap darurat BPBD Balikpapan.

Hendro mengatakan, ombak besar mampu mencapai tinggi dua meter dan selalu terjadi di musim angin Selatan ini. Walau berombak besar, pantai berpasir putih ini tetap menarik bagi warga terlebih saat hari libur seperti ini.


Kejadian bermula saat Alta bersama delapan orang temannya sedang mengunjungi Pantai Monpera. Mereka semua bermain hingga masuk ke air pantai. Tak lama kemudian, Alta terseret makin dalam akibat ombak besar.

“Sempat dipegang salah satu temannya, tetapi terlepas karena tidak kuat. Korban kemudian hilang,” kata Hendro.

Pihak BPBD bersama-sama mencari dibantu dengan kordinasi SAR, polisi, TNI AL, hingga Dishub menggunakan perahu karet. “Kami tak jadi pakai perahu karet karena ombak sangat besar,” kata Hendro.

Kondisi air laut sepanjang pesisir Balikpapan sewaktu-waktu berubah di musim yang disebut warga sebagai angin Selatan. Hendro mengatakan angin kencang di musim kering ini sewaktu-waktu bisa membuat ombak tinggi seperti Minggu ini.

(yaz)