Lalu Lintas Udara Indonesia Dikuasai Singapura, Jokowi Kumpulkan Pembantunya

jokowi rapat
Rapat kabinet menteri Jokowi-JK

Jokowi rapat
POJOKSATU.id, JAKARTA – Selama ini ternyata Singapura mempunyai peran penting di lalu lintas penerbangan Indonesia. Mereka menguasai Flight Information Region (FIR) Indonesia. Karena itu, Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri beserta Panglima TNI untuk membicarakan hal tersebut.

Rapat tersebut dihadiri Menhan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAU Marsekal Agus Priatna, Menhub Ignasius Jonan, Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Rapat yang diagendakan pukul 13.00 WIB, Selasa (8/9/2015) di Kantor Presiden, Jakarta molor dan baru dimulai pukul 14.00 WIB.

Untuk diketahui, Sejak tahun 1946 FIR di wilayah Kepulauan Riau mencakup Batam, Tanjungpinang, dan Natuna berada dalam kendali Singapura.


Kalau pesawat hendak melintas di wilayah tersebut, selain harus meminta izin kepada ATC Indonesia, diwajibkan untuk meminta clearance kepada negeri seribu satu larangan tersebut.

“FIR di sana contoh dari Jakarta mau ke Medan lewat situ harus izin ke Singapura. Ada radiusnya,” ungkap anggota Wantimpres bidang Pertahanan dan Keamanan Subagyo AS usai menghadiri wisuda pilot NAM Flying School di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

(ril)