Kurang Vitamin D Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Sklerosis Multipel

Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menurut sebuah studi terbaru, orang yang kekurangan asupan vitamin D cenderung berisiko terkena penyakit Sklerosis multipel atau MS.

Sklerosis multipel merupakan suatu kelainan peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh banyak faktor, terutama focal lymphocytic infiltration (sel T secara terus-menerus bermigrasi menuju lokasi dan melakukan penyerangan seperti yang layak terjadi pada setiap infeksi) dan berakibat pada kerusakan mielin dan akson.

Dilansir bbc, pakar dari McGill University Kanada mengklaim bahwa penyakit ini jarang ditemukan di negara-negara yang mendapat sinar matahari cukup, tidak seperti di Eropa yang berhawa dingin.

Temuan studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS Medicine ini menemukan bahwa orang yang memiliki tekanan darah rendah akibat kurangnya vitamin D diketahui berisiko terkena Sklerosis multiple.


Dr Susan Kohlhaas, dari MS Society mengatakan, ada banyak sekali pertanyaan yang belum terjawab mengenai penyebab MS, jadi penelitian ini bisa menjadi semacam titik balik untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan munculnya penyakit ini.

Sementara itu imunologi Prof Danny Altmann, dari Imperial College London menegaskan, vitamin D sangat murah dan mudah untuk diperoleh. Dari hanya berjemur di pagi hari sampai makan makanan bergizi seperti ikan.

(cr3/lya)