Banyak JCH Bermasalah Soal Visa, Ini Kata Menag

jemaah haji indonesia
ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Banyak Jemaah Calon Haji (JCH) yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci lantaran urusan visanya yang belum kelar. Akibatnya, mereka mesti berangkat terpisah dengan rombongannya, menunggu hingga tiga hari kemudian. Terhadap hal itu, Menteri Agama Lukman Saifuddin menjamin bahwa mereka tetap berangkat. Menag meminta maaf terkait soal visa tersebut.

“Kami Pemerintah Indonesia memohon maaf yang sebesar-besarnya khusus bagi jemaah haji Indonesia yang tertunda. Apalagi ini suatu di luar dugaan kami sama sekali, dan di luar kekuasaan kami untuk bisa, karena kami telah mengerahkan semua daya untuk menangani ini tapi tetap saja ada yang tertunda,” urai Lukman di kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (24/8/2015).

“Oleh karena itu kami memohon maaf yang sebesarnya bagi keluarga jemaah yang tidak nyaman dalam kasus ini. Ke depan belajar lagi agar lebih baik,” tambahnya.

Diketahui, tertundanya keberangkatan jemaah ini terkait pemberlakukan e-hajj, pemerintah Saudi mendata lengkap jemaah mulai dari urusan maskapai, transportasi di Saudi, hingga urusan hotel tempat tinggal dan asuransi.


(ril)