Setelah 70 Tahun, Kereta Emas dan Permata Milik Nazi Ditemukan

Barang berharga, emas dan permata yang pernah menjadi rampasan tentara nazi
Barang berharga, emas dan permata yang pernah menjadi rampasan tentara nazi
Barang berharga, emas dan permata yang pernah menjadi rampasan tentara nazi
Barang berharga, emas dan permata yang pernah menjadi rampasan tentara nazi

POJOKSATU.id, JERMAN – Kereta berlapis baja milik tentara Nazi Jerman yang penuh dengan muatan emas dan permata berhasil ditemukan dua pemburu harta karun. Kereta itu sebelumnya dikabarkan hilang di akhir perang dunia kedua.

Seperti dilaporkan mirror.co.uk, Jumat (21/8/2015), saat menghindari tentara merah Rusia, kereta tersebut meluncur ke dalam sebuah terowongan di pegunungan, dan sejak itu tak pernah terlihat lagi. Dua warga Polandia mengaku telah menemukan kereta misteri tersebut.

Pejabat berwenang di Walbrzych, Polandia mengakui, pihaknya telah dihubungi oleh kuasa hukum dari dua orang yang mengklaim telah menemukan lokasi kereta itu. Mereka meminta kompensasi 10 persen dari total nilai penemuan tersebut.

“Pengacara, militer, polisi, dan brigade pemadam kebakaran sekarang sedang menangani masalah ini,” kata Marika Tokarska, pejabat di Walbrzych kepada Reuters.


“Lokasi tempat penemuan tak pernah digali sebelumnya dan kita tidak tahu apa yang mungkin akan kita temukan,” sambungnya.

Media lokal menyebutkan bahwa kereta dimaksud hilang sejak 1945. Kereta itu dipenuhi oleh harta hasil jarahan dari Kota Breslau, dahulu Jerman Timur, yang sekarang menjadi Kota Wroclaw, Polandia.

Radio di Wroclaw mengungkapkan, berdasarkan dongeng di daerah setempat, kereta misteri itu memasuki terowongan di dekat Ksiaz Castle, wilayah perbukitan di Silesian, tetapi tidak pernah muncul lagi.

Terowongan tersebut kemudian ditutup dan lokasinya pun sudah lama terlupakan. Panjang kereta diperkirakan sekitar 150 meter.

Kereta itu juga membawa banyak senjata, mesin-mesin, permata dan berbagai barang berharga lainnya.

Terkait hal itu, Tokarska mengaku pihaknya tidak memiliki data pasti mengenai lokasi kereta misteri itu. Begitu pula dengan muatannya.

Beberapa pihak lain malah tak percaya jika kereta itu memang ada. Kereta emas tersebut dianggap hanya isapan jempol.

“Banyak orang yang sudah pernah mencari kereta itu, bersusah payah, tetapi mereka tidak menemukan apa-apa,” kata Joanna Lamparska, seperti dikutip Radio Wroclaw. Tetapi ia mengakui bahwa kereta itu memang melegenda.

Nazi memang pernah menggunakan kereta sebagai alat transportasi untuk mengangkut harta jarahannya menuju Berlin di tahun 1945, ketika terdesak oleh sekutu dan Soviet.

Tentara Nazi pernah mengirimkan 24 kereta kargo dari Budapest menuju Jerman yang dipenuhi emas, perak, dan lukisan berharga yang dirampas dari kaum yahudi di Hungaria. Kargo ini diperkirakan bernilai sekitar USD 200 juta.

(ron/jpg/pojoksatu/zul)