Menkes Ingatkan Calon Haji Jangan Dekati Unta

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Hari ini adalah hari pertama pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) dari tanah air menuju Jeddah dari berbagai embarkasi pemberangkatan haji di sejumlah daerah. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ikut memberangkatkan ratusan jemaah calon haji kloter pertama embarkasi Jakarta ke Tanah Suci. Dalam kesempatan itu, Menteri Nila mengingatkan tentang para JCH untuk tidak mendekati unta.

“Saya mengingatkan kepada para jemaah untuk menjaga kesehatan dan jangan lupa meminum air yang banyak. Serta waspadai penyebaran virus MERS di daerah Timur Tengah,” ujar Nila dalam sambutannya di Aula Gedung Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (21/8/2015).

Menurut Nila, penyebaran virus MERS bukan hanya dari udara melainkan bisa juga melalui hewan. Untuk itu, para jemaah diingatkan untuk tidak terlalu dekat dengan unta atau binatang lainnya yang berada di Tanah Suci.

“Hewan paling banyak di Timur Tengah adalah unta. Untuk itu jangan dekati unta, kalau mau berfoto dari jauh saja dan lebih baik dekat masjid daripada dekat unta. Saya juga mengingatkan jangan meminum susu unta mentah. Virus MERS di Timur Tengah bisa menyebar melalui air susu unta,” jelas Menteri Nila.


Selain itu, Menteri Nila juga meminta para jemaah untuk sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri. Untuk menghindari penyebaran penyakit, jangan terlalu banyak berada di kerumunan orang banyak.

Kepada seluruh jemaah, Menteri Nila mengingatkan untuk selalu membawa Kartu Waspada Kesehatan. Dia juga mendoakan para jemaah dapat kembali ke Indonesia dengan keadaan sehat dan menjadi haji mabrur.

“Kartu itu harus selalu dibawa selain di sana sampai tiba di Tanah Air. Karena masa inkubasi virus MERS selama 14 hari,” tutup Nila.

Dalam acara tersebut hadir pula Menteri Agama Lukman Hakim, Gubernur Basuki T Purnama, Dirut Garuda Indonesia M Arief Wibowo dan Anggota DPD dari DKI Jakarta Fahira Idris.

(ril)