Gemar Mengkritik, Rizal Ramli Ditegur Jokowi

Dr. Rizal Ramli
Dr. Rizal Ramli

POJOKSATU.id, JAKARTA – Belum seminggu menjabat Menteri Koordinator bidang Maritim, Rizal Ramli sudah mendapat teguran dari Presiden Jokowi. Rizal Ramli ditegur karena telah mengkritik rencana Garuda Indonesia membeli pesawat Airbus A350.

“Presiden waktu itu sudah menegur, menelepon Pak Rizal Ramli yang mempermasalahkan pengadaan pesawat,” kata Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki di Istana Merdeka baru-baru ini.

Teten menyebutkan, Presiden Jokowi berharap bahwa jika para menteri ingin mengkoreksi kebijakan pemerintah, hendaknya dibicarakan secara internal. Bukan diumbar ke media karena akan menimbulkan kebingungan di masyarakat. “Itu kan baru letter of intent,” kata Teten.

“Kan bisa bertemu,” kata Teten. Apalagi saat ini pemerintah tengah berupaya menarik investasi. Maka, pemerintahan harus terlihat solid dan kompak.


Seperti diketahui, pada pekan lalu Rizal Ramli menyatakan pada media bahwa ia telah meminta kepada Presiden Joko Widodo agar meninjau kembali rencana pembelian pesawat Airbus A350.

Menurut Rizal, pembelian pesawat itu tidak tepat karena tidak akan menguntungkan Garuda. Rizal mengaku tidak ingin melihat perusahaan pelat merah itu merugi lantaran rute penerbangan yang akan dilalui pesawat baru itu tidak menguntungkan.

Atas kritik tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno pun berang. Ia menilai Ramli kelewat batas dan mencampuri urusan kementerian lain. Alasannya jelas, bahwa Kementerian BUMN tidak di bawah Menteri Koordinator bidang Maritim, melainkan berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Perekonomian. “Jangan ada yang mencampuri Garuda di luar Kemenko Perekonomian,” tegas Rini.
(ril)