Sinar Matahari di Inggris Tak Cukup Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari

POJOKSATU.id – Seperti diketahui sinar matahari salah bagus untuk manusia. Karena mengandung vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan. Lalu bagaimana jika sinar matahari sudah tidak bagus lagi dan tidak mencukup kebutuhan vitamin D setiap orang.

Hal ini terjadi di Britania Raya. Menurut penuturan beberapa ahli, redupnya cuaca membuat sinar matahari di Britania Raya diklaim tidak mampu mencukupi kebutuhan vitamin D setiap orang.

Ahli juga menyatakan kalau mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti minyak ikan dan telur saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita akan vitamin yang bisa diperoleh dari sina matahari ini.

Oleh karenaya, pemerintah setempat meminta warganya untuk mengkonsumsi suplemen tambahan agar terhinndar dari berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, hingga kanker.


Badan kesehatan Scientific Advisory Committee on Nutrition meminta ibu hamil, balita, serta dewasa di atas 65 tahun untuk mengkonsumsi suplemen tambahan., namun saran ini juga ditujukan ke pada setiap warga yang tinggal dan hidup di Inggris.

“Paparan sinar matahari Inggris di kulit setiap individu berbeda tergantung tahun dan garis lintangnya. Logikanya, kita akan lebih mudah mendapat UVB di Brighton dibandingkan saat kita berada di John O’Groats. Seberapa lama kulit terpapar sinar matahari juga sangat berpengaruh,” ujar Adrian Martineau, dari RS Barts, London seperti dilansir mirror, Minggu (2/8/2015).

Data terbaru yang dikeluarkan oleh Public Health England menunjukkan kalau satu dari 5 orang di Inggris tidak mendapatkan cukup asupan vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang. Kurangnya vitamin D ini juga bisa menyebabkan osteomalacia, yakni munculnya rasa lemas dan sakit pada tulang.

(cr3/lya)