Ini 5 Tanda Umum yang Wajib Diketahui Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D

Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sudah memilih makanan yang sehat, olah raga, istirahat dan tidur cukup, tapi merasa ada yang tidak sehat dengan tubuh Anda? Bisa jadi Anda kekurangan vitamin D.

Vitamin yang bisa diperoleh dari sinar matahari ini sangat berperan dalam proses pembentukan tulang dan menjaga metabolisme tubuh. Nah, berikut 5 tanda umum yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin D yang wajib diketahui, seperti dilansir women health magz, Kamis (23/7/2015).

1. Keringat Berlebihan

Meskipun tidak diketahui secara pasti penyebabnya, namun jika tubuh mengeluarkan keringat berlebihan diyakini ahli sebagai tanda utama kita kekurangan vitamin D.


2. Lesu dan Lemah

Peneliti dari Harvard menyatakan bahwa kekurangan vitamin D bisa membuat tulang kekurangan nutrisi. Hal inilah yang membuat tubuh terasa lemas dan lesu.

3. Tulang Keropos

Kekurangan asupan vitamin D, terutama pada usia 30 tahun ke atas, terbukti bisa meningkatkan risiko osteoporosis pada tulang dan persendian.

4. Sakit Kronis

Beberapa orang yang kekurangan vitamin D, selain mengalami osteoporosis biasanya juga mengalami kelainan atau sakit kronis pada tulang yang dalam dunia kedokteran sering disebut osteomalacia.

5. Mood Turun

Menurunnya mood diketahui merupakan salah satu penyebab kurangnya vitamin D. Vitamin inilah yang juga bekerja pada otak, serta memiliki berpengaruh terhadap hormon serotonin, yang bekerja mengatur mood seseorang.

(cr3/lya)