GAWAT, Gereja di Bantul Dibakar

Gereja di Bantul dibakar
Gereja di Bantul dibakar
Gereja di Bantul dibakar. Foto ilustrasi

POJOKSATU.id, BANTUL – Konflik bernuansa SARA di tanah air semakin mengkhawatirkan. Setelah masjid di Tolikara Papua dibakar sekelompok penganut kristen radikal, giliran gereja di Bantul dibakar orang tak dikenal, Senin (20/7/2015) dinihari.

Belum diktehui motif di balik pembakaran Gereja Baptis Indonesia Saman yang berada di Dusun Saman, Desa Bangungharjo, Sewon, Bantul itu. Namun, diduga, pembakaran gereja itu merupakan imbas dari pembakaran masjid di Tolikara Papua umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri 1436 H pada Jumat (17/7/2015).

BACA JUGA:
Selain di Bantul, Usaha Bakar Gereja Juga Terjadi di Purworejo

Informasi yang dihimpun wartawan, pembakaran gereja Gereja Baptis Indonesia Saman terjadi sekitar sekitar pukul 03.00 WIB. Pelaku yang belum diketahui identitasnya meletakan ban yang telah tersulut api di dekat pintu masuk gereja.


“Pelaku membakar pakai ban,” ujar Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, Senin (20/7/2015).

Api menghanguskan pintu utama gereja, namun tidak sampai ludes. Selain itu, pot bunga dan pipa paralon juga rusak. Namun, peristiwa itu tak sampai menimbulkan kerugian besar.

Dadiyo menambahkan, polisi masih menyelidiki kejadian teror tersebut. Dadiyo belum bisa memastikan apakah kejadian ini terkait dengan penyerangan puluhan massa ormas Front Jihad Islam (FJI) ke gereja Baptis Indonesia Saman pekan lalu yang berhasil digagalkan aparat kepolisian.

Ia meminta agar warga Bantul tidak terpancing dan terprovokasi dengan aksi teror tersebut. Dadiyo mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan memberikan kepercayaan kepada polisi untuk menuntaskan aksi teror tersebut.

“Masyarakat maupun pihak-pihak yang bertikai diminta menahan diri agar kerukunan dan ketertiban antar umat dapat terjaga,” pungkasnya.

(one)