Kapan Gatot dan Sutiyoso Akan Dilantik? Ini Kata Pratikno

Jenderal Gatot Nurmantyo

Jenderal Gatot Nurmantyo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Calon Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dan Calon Kepala Badan Intelejen Negara (KaBIN), Letnan Jenderal (Purn) Sutiyoso akan dilantik pekan ini. Hal tersebut dipastikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Walaupun sudah memastikan pelantikan kedua pejabat tersebut pekan ini, namun Pratikno belum membeberkan persisnya hari pelantikan. “Secepatnya akan dilakukan. Diusahakan pekan ini,” kata Pratikno, sebelum melakukan sidang kabinet di Kantor Presiden Jakarta, Senin, (6/7/2015).

Kata Pratikno, hari pelantikan kedua pejabat tersebut masih harus disesuaikan dengan jadwal Jokowi. Kedua pejabat itu akan dilantik pada jam yang berbeda.

Seperti diketahui, Jendral Gatot yang saat ini masih menjabat Kepala Staf Angkatan Darat akan menggantikan Jenderal Moeldoko. Panglima TNI sendiri akan segera memasuki masa pensiun pada 1 Agustus 2015. Sedangkan Sutiyoso akan menggantikan Marciano Norman sebagai Ketua BIN.

Presiden Jokowi memilih keduanya pada jabatan masing-masing sebagai calon tunggal. Melalui rapat paripurna, DPR menyetujui pengangkatan Gatot menjadi Panglima TNI dan Sutiyoso sebagai Kepala BIN setelah keduanya dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan di hari yang berbeda.

Sementara itu, Moeldoko yang pernah menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat mengaku akan menghabiskan masa tuanya sebagai dosen.‎ Pria kelahiran tahun 1957 itu merupakan doktor jurusan Administrasi Negara di Universitas Indonesia.
(ril)

Feeds