Kurang Vitamin D, Hati-hati, 5 Penyakit Ini Bisa Mengintai Anda

Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari

POJOKSATU.id, JAKARTA – Vitamin D atau yang sering disebut dengan vitamin matahari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga kecantikan kulit. Sebaliknya, kekurangan vitamin D justru akan membuat kesehatan memburuk.

Kurangnya vitamin D sering mengakibatkan berbagai macam penyakit, mulai dari naiknya tekanan darah hingga depresi. Selain 2 penyakit tersebut, beberapa penyakit lain juga bisa mengintai kita yang tidak memiliki cukup asupan vitamin D. Apasaja penyakit tersebut? Berikut di antaranya.

1. Dementia

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurologi, kurang vitamin D bisa menyebabkan penyakit dementia, bahkan pada beberapa kasus bisa berujung pada Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D yang berfungsi membersihkan plak di otak yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit dementia.


2. Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan pembunuh nomor 2 yang paling sering ditemukan pada pria. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tekanan darah yang bisa berujung pada kanker prostat. Vitamin D yang bisa menaikkan tekanan darah dipercaya mampu menghindarkan pria dari kanker prostat. Studi ini sudah diterbitkan dalam jurnal Clinical Cancer Research tahun 2014.

3. Disfungsi Ereksi

Para ahli menemukan bahwa pria yang menderita disfungsi ereksi disebbakan karena kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh. Selain masalah seksual, kurangnya vitamin D juga bisa menyebabkan penyakit lain, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Studi ini sudah diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine.

4. Schizophrenia

Schizophrenia merupakan jenis gangguan pada otak yang menjangkiti sekitar 2 juta orang Amerika dewasa. Laporan ini dikumpulkan oleh National Alliance on Mental Illness. Orang yang kekurangan vitamin D diketahui 2 kali lebih berisiko terkena schizophrenia.

5. Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi yang dipresentasikan dalam jurnal American College of Cardiology pada Annual Scientific Session ke 63 tahun, kurangnya vitamin D bisa menyebbakan penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena peredaran darah ke pembuluh arteri yang terganggu akibat kurangnya vitamin D.

(cr3/lya)