Kasihan, Wanita Ini Melahirkan di Rumpu-rumput Pinggir Jalan

Joanna, melahirkan bayinya di pinggir jalan
Joanna, melahirkan bayinya di pinggir jalan
Joanna, melahirkan bayinya di pinggir jalan

POJOKSATU.id, NEWCASTLE – Seorang wanita di Newcastle berhasil melahirkan bayinya dalam kondisi terbatas. Johanna (35) melahirkan anaknya, Lovisa Milligan, di area berumput yang ada di pinggir jalan.

Awalnya, Johanna dan sang suami, Sandy Milligan (46) berencana mempersiapkan pesta ulang tahun putri keduanya, Sofia (2). Apalagi, karena dianggap Lovissa akan lahir bulan depan, baik Johanna maupun Sandy tidak merasa khawatir sedikitpun.

Namun, saat akan pergi ke tempat pesta ulang tahun Sofia, Johanna tiba-tiba merasakan nyeri hebat pada perutnya. Sempat menelepon RS, Johanna disarankan mengonsumsi parasetamol. Tetapi, tidak lama kemudian air ketuban Johanna pecah. Mereka lantas membatalkan rencana pesta ulang tahun Sofia dan pergi ke Royal Victoria Infirmary di Newcastle.

“Saat kami mendekati bundaran Newcastle Cowgate, Johanna mengatakan waktunya telah tiba. Dia berteriak agar saya menghentikan mobil dan hanya berkata bayi kami akan lahir. Saya pun meminggirkan mobil kemudian Johanna langsung terbaring di rumput, padahal saya sedang berusaha memanggil ambulance,” tutur Sandy.


Sandy pun sempat membereskan bagian belakang mobil supaya Johanna bisa melahirkan di jok mobil. Namun, yang terjadi justru Johanna berbaring di rumput dan ia pun menarik kepala bayinya hingga akhirnya si kecil Lovissa berhasil lahir. Kala itu, Sandy sendiri tidak sempat menaruh mantel sebagai alas untuk Lovissa.

“Saya sudah pernah melahirkan sebelumnya dan saya tahu bagaimana rasanya jika seorang bayi akan lahir. Sejak di mobil, saya sudah merasakan jika kepala Lovissa mulai menyundul keluar,” kata Johanna, seperti dilaporkan Newcastle Chronicle, Senin (29/6/2015).

Hingga Johanna melahirkan, tim medis belum juga tiba. Beruntung, seorang pengendara motor menghentikan pengendara mobil yang kebetulan seorang dokter bernama dr Lynn Corbett. Ia pun segera memeriksa kondisi ibu dan si bayi yang saat itu segera dibungkus mantel. Sempat ingin memotong tali pusar Lovissa, tapi Sandy meminta agar ia yang melakukannya karena saat kelahiran putri pertamanya, Sandy lah yang memotong tali pusar bayinya.

“Kami kemudian membawa ibu dan bayinya ke RS terdekat untuk memastikan mereka baik-baik saja. Untunglah baik ibu maupun bayinya dalam kondisi baik-baik saja meskipun ini cukup unik, di mana seorang bayi lahir di hamparan rumput yang ada di pinggir jalan,” kata dr Corbett.

(Newcastle Chronicle/ril)