Dana Partai Dinaikkan, DPR Tak Mau Disalahkan

Sidang DPR

Sidang DPR
POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Jokowi berencana menaikkan dana Partai Politik mulai tahun depan. Kementerian Dalam Negeri disebut sedang menyusun aturan soal dinaikkannya anggaran partai politik yang hingga 10 kali lipat dari saat ini.

Tujuannya untuk memperbaiki kualitas parpol dan kadernya, dan secara implisit akan mengurangi potensi kader parpol melakukan korupsi.

Meski begitu, pimpinan DPR merasa bahwa isu pembuatan aturan itu akan rawan dikritik publik, dan akan mempengaruhi citra mereka.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, menekankan bahwa ide pembahasan aturan itu bukan datang dari DPR.


“Kalau dana bantuan parpol, ini yang pertama kali menyampaikan ke publik kan pemerintah, kami tak mengerti urusan apa-apa. Jangan pula parpol yang digebuki lagi,” kata Taufik, Jumat (26/6).

Taufik mengaku belum ada pembicaraan resmi pihaknya dengan pemerintah mengenai hal itu. Maka dengan yakin dia menyebutnya sebagai ide pemerintah.

Ketika ditanya apakah pihaknya akan menyetujui rancangan aturan itu, Taufik mengatakan pihaknya belum bisa berkomentar. Sebab hingga saat ini, belum ada sama sekali rancangan substansi aturan yang disampaikan kepada mereka.

(ril)