Berkah Ramadhan, Ganti Rugi Korban Lumpur Lapindo Cair Besok

Lokasi Lumpur Lapindo
Lokasi Lumpur Lapindo
Lokasi Lumpur Lapindo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Masyarakat korban lumpur Lapindo Porong, Siduarjo akan sedikit bernafas legah. Pasalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan ganti rugi korban lumpur Lapindo sebesar Rp 781 miliar dibayarkan mulai besok, Jumat (26/6/2015).

Hari ini menurut dia, rencananya Presiden Jokowi akan menerbitkan peraturan presiden soal pembayaran talangan ganti rugi. “Kami mau bayar ganti rugi tanah warga dulu,” kata Menteri Basuki di kantornya, Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Menurut Basuki, sebetulnya pemerintah harus menalangi ganti rugi sebesar Rp 827 miliar sesuai dengan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Tambahan ganti rugi itu berasal dari rumah kredit warga yang tenggelam beserta bunga cicilannya serta aset milik delapan warga tambahan yang sudah diverifikasi. “Sisanya (Rp 46 miliar) nanti,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Taufik Widjojono menuturkan duit talangan ganti rugi korban lumpur Lapindo yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2015 cuma Rp 781 miliar. Sisa Rp 46 miliar nantinya dimasukkan dalam APBN 2016. “Nanti diajukan lagi ke DPR. Bisa ke APBN 2016,” ujar Taufik.


Setelah perpres diparaf Jokowi kata Taufik, Menteri Keuangan akan memaraf perjanjian dana talangan dengan PT Minarak Lapindo Jaya. Rencananya, daftar isian pelaksanaan anggaran ganti rugi Lapindo kelar hari ini.

“Besok mulai bayar, tapi harus ada validasi penerima ganti rugi oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo. Validasi juga sedang berlangsung,” kata Taufik.

(ril)