Vitamin D Ternyata Bisa Cegah Infeksi HIV

Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penggunaan dosis tinggi vitamin D diyakini para ahli bisa menjauhkan seseorang dari infeksi virus HIV. Nutrisi yang terkandung dalam vitamin D diketahui bisa memperkuat sistem imun tubuh, yang berarti melemahkan virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

Studi yang diadakan oleh Penn State University seerti dilansir dailymail, Kamis (18/6/2015), menyatakan vitamin yang ditemukan di bawah kulit, sinar matahari, atau dari makanan ini diketahui cukup ampuh menurunkan risiko masuknya virus HIV-1 ke dalam tubuh, serta perkembangan penyakit HIV yang ditimbulkan oleh virus ini sendiri.

Ahli meneliti sebanyak 100 orang dari berbagai belahan dunia, seperti Afrika hingga Cape Town, di mana mereka mendapatkan asupan sinar matahari yang berbeda antara wilayah satu dengan yang lainnya.

Mereka yang memiliki kulit lebih gelap terbukti memiliki lebih banyak radiasi UVB yang sangat bermanfaat untuk memicu senyawa dalam tubuh untuk memproduksi vitamin D.


Professor Nina Jablonski, yang menggawangi penelitian ini, mengatakan Cape Town dan Afrika Selatan merupakan salah satu dari negara yang diketahui terdapat paling banyak orang terinfeksi HIV. Oleh karenanya, penelitian lanjutan semacam ini sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan temuan ini. Studi ini sendiri sudah dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Science.

(cr3/lya)