Diduga Jadi Mata-mata CIA, Lembaga Save the Children Diusir dari Pakistan

214953_956410_police_line

POJOKSATU.id, ISLAMABAD – Karena diduga telibat aksi mata-mata agen rahasia Amerika (CIA), lembaga amal Save the Children diusir pemerintah Pakistan.

Polisi di Islamabat telah menyegel kantor Save the Children dan memberi waktu kepada para staf asing untuk meninggalkan Pakistan dalam kurun 15 hari.

Pemerintah Pakistan belum memberikan keterangan resmi yang menjelaskan keputusan tersebut. Namun, sebelumnya Pakistan telah mengaitkan lembaga itu dengan program vaksinasi palsu yang digunakan CIA untuk melacak keberadaan Osama bin Laden.

“Aktivitas mereka telah dipantau sejak lama. Mereka melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kepentingan Pakistan,” ujar seorang pejabat kepada kantor berita AFP.

Adapun Save the Children menolak sangkaan bahwa mereka terlibat dengan CIA atau dengan dokter Pakistan bernama Shakil Afridi yang menjalankan program vaksinasi tersebut.

Tindakan pengusiran, menurut Save the Children, ‘meningkatkan keprihatinan kami pada tingkat tertinggi’. Mereka menambahkan semua staf berkewarganegaraan Pakistan.

Baru-baru ini pemerintah Pakistan mengetatkan aturan untuk lembaga swadaya masyarakat. Bahkan, sejumlah LSM telah dicabut ijinnya.(BBC/ril)

Feeds

Cendol Dawet

Saya selalu mengakui kepintaran dokter. Kebetulan semua tindakan dokter, di rumah sakit ini, cocok dengan pikiran di kepala saya.