Vitamin D dan Kalsium Tidak Ringankan Gejala Menopause

Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari
Ilustrasi vitamin D dari sinar matahari

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium menurut sebuah studi ternyata tidak cukup untuk meringankan gejala awal terjadinya menopause pada wanita.

Studi yang diadakan oleh Women’s Health Initiative ini meneliti sebanyak lebih dari 30.000 wanita di AS. Pakar berhasil menunjukkan bahwa tanda-tanda menopause seperti kelelahan, emosi yang tidak stabil, gangguan tidur, dan lain-lain tidak ada hubungannya dengan konsumsi vitamin D.

Objek penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok satu mengkonsumsi vitamin D dan kalsium, sedang kelompok yang lain diberi pil placebo. Meski demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin D dan kalsium ternyata tidak menunjukkan perbedaan yang berarti. Hasilnya bahkan cenderung sama.

Lansir everydayhealth.com, Kamis (4/6/2015), Dr. Erin LeBlanc, ketua tim ahli dalam penelitian inipun menegaskan bahwa vitamin D dan kalsium tidak berpengaruh terhadap kebiasaan tidur, emosi, dan faktor-faktor lain menjelang menopause pada wanita.


(cr3)