SBMPTN di Bandung Didominasi Peserta Kelompok Sosial

SBMPTN, ujian, SNMPTN, berita pendidikan terkini
ilustrasi
Ilustrasi SBMPTN
Ilustrasi SBMPTN

POJOKSATU.id, BANDUNG – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Bandung telah ditutup pada Sabtu (30/5), pukul 16.00 WIB. Tak kurang dari 41.887 orang telah mendaftar. Dari jumlah tersebut diketahui, peserta tes terbanyak dari kelompok Sosial dan Humaniora.

Sekretaris Panitia Lokal SBMPTN Bandung, Asep Gana Suganda mengatakan, peserta tes kelompok Sains dan Teknologi berjumlah hanya sekitar 16 ribu pendaftar. Sementara kelompok Sosial dan Humaniora sebanyak 19 ribu orang, serta kelompok campuran sekitar 6 ribu pendaftar. “Ditambah 2.000 pendaftar tes di sub panitia lokal Tasikmalaya,” katanya Sabtu malam (30/5).

Asep mengatakan, ujian tulis SBMPTN akan digelar sehari pada Selasa, 9 Juni 2015. Selanjutnya peserta Ujian Keterampilan SBMPTN menjalani tes pada Rabu hingga Kamis, 10-11 Juni. Dan pengumuman SBMPTN dijadwalkan pada 9 Juli mendatang.

Kabar baik untuk SBMPTN tahun ini di Bandung, panitia juga menerima pendaftar tes tertulis dari kalangan berkebutuhan khusus. Dari 25 orang pendaftar, baru 12 orang yang datang melapor ke sekretariat panitia di kampus ITB.


Calon peserta tuna wicara dan tuna daksa masing-masing satu orang, tuna netra tujuh orang, dan tiga orang tuna rungu. Panitia masih menunggu 13 pendaftar lainnya untuk mengisi surat pernyataan bersama pendamping hingga 4 Juni 2015.(ril)