Benarkah Virus Herpes Bisa Membunuh Sel Kanker

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id – Jaringan atau virus yang diturunkan herpes ternyata diketahui bisa membunuh sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor dalam tubuh.

Jaringan ini sering disebut dengan T-Vec, yang merupakan salah satu treatment akhir yang diterapkan pada pasien melanoma (kanker kulit) sebelum akhirnya beralih ke obat lain.

Dilansir health.com, Rabu (27/5), studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology ini menyebutkan bahwa virus yang dibawa herpes ini bisa membunuh sel kanker.

Tidak seperti kemoterapi, yang hanya membunuh kanker yang tengah berkembang, virus herpes ini bahkan bisa langsung memposisikan target pada sel kanker, sehingga membuat pengobatan lebih efektif.


Selain itu, metode ini juga menarik perhatian para peneliti, karena ternyata virus herpes juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Professor Paul Workmanyang merupakan chief eksekutif dari Institute of Cancer Research, menegaskan bahwa saat ini pihaknya tengah bekerjasama dengan Amgen (industri obat-obatan) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk mulai menerapakan pengobatan dengan menggunakan T-Vec ke pada pasien melanoma.

(cr3/lya)