Alami 5 Masalah Ini Bisa Bikin Menopause

Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net

POJOKSATU.id, JAKARTA – Semakin bertambah usia seorang wanita, maka ia akan semakin dekat dengan menopause. Saat menjelang menopause, biasanya tubuh akan mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan terjadinya perubahan pada tubuh.

Apa saja perubahan yang terjadi pada wanita yang akan mengalami menopause? Berikut ada lima masalah yang dihadapi wanita menopause seperti dilansir dailymail.co.uk, Selasa (19/5).

1. Menstruasi Tidak Teratur

Perubahan hormonal yang terjadi sangat berpengaruh pada rahim dalam melepaskan sel telur sehingga membuat menstruasi bisa menjadi datang lebih lama, lebih cepat, bahkan tidak datang sama sekali dalam beberapa bulan.


2. Panas

Sering merasa gerah terutama pada malam hari merupakan salah satu tanda bahwa menopause akan datang. Hal ini disebabkan oleh aktivitas hormonal yang tidak stabil sehingga ikut mempengaruhi suhu tubuh kita.

3. Mood Berubah-ubah

Mood yang tidak stabil sebagai akibat dari perubahan hormonal juga bisa menghampiri mereka yang akan mengalami menopause. Sebaiknya istirahatlah dengan cukup dan berolahraga agar bisa mengontrol emosi dengan baik.

4. Vagina Kering

Kurangnya tubuh memproduksi horon endorphin juga bisa mengakibatkan vagina menjadi kering dan kehilangan elastisitasnya. Sehingga kenikmatan dalam berhubungan intim bisa berkurang akibat kurangnya lubrikasi.

5. Sering Pegal

Pegal yang terjadi pada persendian seringkali diakibatkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini juga dialami mereka yang mengalami menopause. Sebaiknya, rutinlah berolahraga agar tubuh terjaga keseimbangannya.

(cr3/lya)