3 Jenis Penyakit Gigi, Penyebab Serta Pencegahannya

llustrasi kesehatan gigi
llustrasi kesehatan gigi
llustrasi
llustrasi

POJOKSATU.id – Setiap orang tentunya mengidamkan bisa memiliki gigi yang putih dan sehat. Tak hanya baik bagi kesehatan, gigi yang sehat juga bisa membuat rasa percaya diri semakin meningkat.

Namun perlu diketahui, sebuah studi menunjukkan bahwa 47 persen di antara kita pernah mengalami masalah gigi. Berikut ada beberapa permasalahan yang sering dialami gigi, penyebab, beserta cara pencegahannya seperti dilansir mirror.co.uk, Minggu (17/5).

1. Gusi Sakit

Gusi yang sakit biasanya disebabkan oleh plak yang terbentuk oleh sisa makanan dan tertinggal di gigi. Plak bisa dengan mudah terbentuk hanya dalam waktu 24 jam. Oleh karena itu, menggosok gigi minimal 2 kali sehari merupakan cara yang efektif untuk menghindari munculnya plak.


2. Gigi Berlubang

Lubang pada gigi biasanya terjadi ketika zat asam dari makanan yang kita konsumsi bersentuhan langsung dengan gigi bagian luar. Di dalam mulut terdapat bakteri yang dapat memproduksi zat asam ketika kita mengkonsumsi makanan dan minuman manis atau yang mengandung karbo tinggi. Lebih baik kurangi makan-makanan yang mengandung gula seperti permen, cokelat, dan sebagainya.

3. Gigi Kuning

Tak hanya faktor usia, beberapa makanan atau minuman yang kita skonsumsi juga bisa dijadikan alasan mengapa gigi kita menjadi kuning. Di antaranya adalah kopi, teh, minuman bersoda, anggur, bahkan jus jeruk. Sebaiknya gogoklah gigi menggunakan pasta yang mengandung fluoride dan pemutih. Jangan upa untuk selalu rutin mengecek kesehatan gigi ke dokter.

(cr3/lya)