Retno Dibela Orangtua Siswa SMA 3 Jakarta

Retno Listyarti
Retno Listyarti
Mantan Kepsek SMA 3 Jakarta, Retno
Mantan Kepsek SMA 3 Jakarta, Retno

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tak seperti yang dituduhkan kepadanya, Retno Listyarti sangat berbeda di mata para orang tua siswa SMA 3 Jakarta. Namun sayangnya, ia dipecat sebagai kepala sekolah SMA Negeri 3 Jakarta, disertai berbagai tuduhan yang ditimpakan kepadanya.

Ibu salah seorang siswa di SMA 3, Hilda, tak segan memuji sosok Retno seperti yang ia kenal.

“Sejak ada ibu Retno jadi kepala sekolah, tidak ada lagi kasus bullying atau pungutan liar kepada anak-anak,” kata Hilda, Minggu (17/5). Dia heran jika Retno disebut sebagai seorang yang sombong.

Menurut Hilda, Retno selalu berusaha memberi perhatian dan merangkul para siswa dan orangtua. Retno juga tidak keberatan jika orangtua murid menghubunginya meski malam hari.


Hal yang sama juga dikatakan orangtua siswa lainnya, Milang. Ia menyebut Retno sebagai sosok pendidik yang tegas dan disiplin. Dia juga dinilai berbeda, karena mau memperjuangkan hak siswa terkait Ujian Nasional.

Sementara Heru Purnomo, Ketua SEGI, juga menyebut Retno seseorang yang anti-korupsi. Saat menjadi Kepala Sekolah SMAN 76, Retno berhasil membangun tata kelola sekolah yang bersih dan transparan.

“Retno membuktikan bahwa dana BOS dan BOP cukup untuk membiayai pendidikan, tidak perlu lagi sekolah melakukan pungutan,” kata Heru.(ril)