Inggris Capai Rekor dalam Penangkapan Tersangka Pelaku Teror

teroris
Ilustrasi Teroris

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penahanan terhadap tersangka pelaku teror di Inggris, Wales dan Skotlandia mencapai rekor tahun lalu, yaitu 338 orang. Para tersangka ditahan untuk pelanggaran antara lain seperti menggalang dana untuk kelompok garis keras dan merencanakan serangan teror.

Seperti dilansir dari BBC Jumat (15/5), pada penangkapan yang terjadi belakangan ini, 56 orang tersangka berusia di bawah 20 tahun. Sekitar 11% tersangka merupakan perempuan. Hal itu, menurut kepolisian, menunjukkan “tren yang sedang berkembang”.

Kepolisian memperkirakan, lebih dari 700 orang yang diduga terkait aktivitas terorisme telah melakukan perjalanan ke Suriah.

“Mereka bukan pekerja kemanusian atau mengunjungi keluarga di sana. Mereka sangat mengkhawatirkan karena terlibat dalam peperangan atau paling tidak mendukungnya. Mereka berpotensi menjadi tersangka teroris,” kata akata pejabat Kepolisian Inggris, Mark Rowley.


Lebih dari 700 orang yang diduga terkait aktivitas terorisme telah melakukan perjalanan ke Suriah.

Wujud ancaman teror di Inggris, kata Rowley, sangat bervariasi. Mulai dari “pelaku tunggal yang bertekad melakukan aksi kekerasan hingga jaringan canggih ambisius yang merencanakan aksi besar.”

Dia mengatakan bahwa kelompok milisi ISIS dan kelompok-kelompok garis keras lainnya telah mencoba “menghasut orang-orang di Inggris untuk melakukan tindakan kekerasan lewat “propaganda” di dunia maya.

“Pengaruh mereka yang ingin mendatangkan kejahatan dari luar negeri ke Inggris menjadi ancaman yang meningkat,” tambah Rowley.

PBB memperkirakan terdapat lebih dari 25.000 orang asing dari 100 negara yang telah bergabung dengan kelompok-kelompok garis keras di Suriah. (ril)