Keluarga Dosen Utomo Pelihara Anak kayak Binatang

Kondisi Dapur Rumah Dosen Utomo (Ist)
Kondisi Dapur Rumah Dosen Utomo (Ist)
Kondisi Dapur Rumah Dosen Utomo (Ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Unit Kejahatan Keras (Jatanras) Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap seorang dosen bernama Utomo Permono yang tega mengusir anaknya, D, 8, dari rumahnya. Polisi menilai, Bapak lima anak merawat para buah hatinya dengan tidak layak.

“Jadi lima anak ini dipelihara kayak binatang,” kata kata Kepala Unit I/Jatanras Polda Metro Jaya Komisaris Budi A. Towoliu di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (14/5).

Menurut Budi, rumah yang ditinggali Utomo besrta istri dan lima anaknya dalam kondisi yang tak pantas dihuni. Keadaan bangunan yang berlokasi Perumahan Citra Gran Cibubur, Cluster Nusa Dua, Blok E, RT 03/RW 11 Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, itu amat kotor.

“Semua baju-bajunya berserakan. Kamar mandinya enggak jelas. WC enggak jelas. Tempat makan enggak jelas,” tegas dia.


Polisi, kata Budi, sudah mengamankan lima anak tersebut. Mereka juga sudah diserahkan kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk perawatan lebih lanjut. “Untuk kedua orangtuanya sekarang kita sudah amankan di Polda dan akan ditangani oleh Subdit Renata (Remaja, Anak dan Wanita),” pungkas dia.

D, diketahui, tidak diperbolehkan masuk ke rumahnya selama sebulan terakhir. Dia diterlantarkan, tidak beri makan dan disekolahkan. Selama itu, D bermain ke lingkungan sekitar rumahnya pada siang hari. Beberapa warga memberinya makan.

Untuk tidur, D menginap di pos hansip. Warga sejatinya sudah menawarkan D untuk menginap di rumah mereka. Namun, Utomo kerap melabrak tetangganya yang memberinya tempat tidur.

“Alasan kepada warga dia bilang, ‘ini cara saya didik anak saya. Saya orang ningrat. Dia anak laki-laki satu-satunya. Bapak enggak tahu sih, anak saya nakalnya luar biasa. Kalau di dalam rumah maunya keluar terus’,” kata Ketua RT 03 Sugeng meniru perkataan Utomo.

Kondisi memprihatikan, kata Sugeng, juga terlihat pada empat saudara perempuan D. Mereka telihat kurus tak terawat walau tak sampai diusir orangtuanya. “D anak ketiga, laki-laki sendiri. Saudaranya perempuan semua, ada yang kembar juga. Tapi, mereka juga kasihan keadaanya,” terang dia.

D kini berada dalam pengawasan KPAI dan Kementerian Sosial. Dia diamankan KPAI tadi pagi bersama dengan empat saudara perempuannya. (ril)