Lulus SNMPTN 2015, Ini 7 Dokumen Penting yang Wajib Siapkan

7 Cara melakukan pembayaran pendaftaran SBMPTN 2015 melalui tunai BNI
7 Cara melakukan pembayaran pendaftaran SBMPTN 2015 melalui tunai BNI
Ilustrasi SNMPTN
Ilustrasi SNMPTN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengumuman kelulusan SNMPTN 2015 yang diumumkan pada Sabtu, (11/5) hanya menerima sekitar 137.005 peserta dari total yang mendaftar sebanyak 852.093 pendaftar. Itu berarti, hanya 16 persen yang diterima dari jumlah yang mendaftar.

Setelah dinyatakan lulus SNMPTN 2015, calon mahasiswa baru wajib melakukan registrasi ulang dan menyertakan beberapa dokumen penting untuk melakukan verifikasi akademis di PTN masing-masing.

Apa sajakah dokumen penting yang wajib disiapkan? Dikutip dari laman resmi SNMPTN 2015, Selasa (12/5), berikut pojoksatu.id merangkum 7 dokumen penting yang wajib disiapkan setelah lulus SNMPTN 2015:

1. Kartu peserta SNMPTN 2015


Kartu peserta wajib disiapkan untuk bukti yang menunjukkan kebenaran anda yang menjadi peserta SNMPTN 2015. Selain itu, kartu peserta SNMPTN 2015 ini juga diperlukan untuk melakukan registrasi online di PTN. Jangan lupa fotokopi kartu peserta SNMPTN 2015 ini sebagai arsip anda.

2. Kartu identitas penduduk (KTP) atau kartu pelajar

Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu pelajar juga wajib anda persiapkan, gunanya sebagai bukti bahwa anda memang peserta yang lulus SNMPTN 2015. Biasanya, beberapa PTN meminta KTP orangtua, maka anda juga wajib persiapkan KTP orangtua anda, lakukan scanning pada kartu-kartu tersebut.

3. Pas foto

Siapkan pas foto dengan berbagai ukuran dengan warna background foto sesuai yang diinstruksikan oleh PTN masing-masing.

4. Rapor

Rapor juga dibutuhkan PTN untuk memverifikasi data-data anda. Siapkanlah fotokopi dan scan rapor anda dan pastikan bahwa tidak ada kecurangan dalam rapor anda agar anda tidak didiskualifikasi.

5. Ijazah

Ijazah juga wajib dipersiapkan. PTN akan meminta ijazah sebagai bukti bahwa anda telah menyelesaikan masa studi di SMA/sederajat.

6. Kartu Keluarga (KK)

Beberapa PTN ada yang meminta untuk menyertakan kartu keluarga. Persiapkan scan dan fotokopi kartu keluarga anda.

7. Surat keterangan lainnya

Saat pengisian formulir registrasi ulang di PTN masing-masing, biasanya anda diminta untuk menyertakan surat-surat keterangan, seperti surat keterangan kesehatan, surat keterangan kewarganegaraan, surat keterangan penghasilan orang tua, dan sebagainya.

Persiapan ini dibutuhkan karena beberapa PTN akan meminta surat keterangan ini. Maka jangan lupa siapkan fotokopi dan scan surat keterangan.

Itulah 7 dokumen penting yang wajib disiapkan setelah lulus SNMPTN 2015.

(zul)