Bunyi Ponsel Ibu Bisa Ganggu Tidur Bayi dalam Kandungan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, NEW YORK – Menurut sebuah studi terbaru, aktivitas ponsel seperti bunyi, getar, dan dering yang dihasilkan oleh ponsel ibu yang sedang mengandung diketahui bisa mengganggu kenyamanan dan tidur sang bayi dalam kandungan.

Professor Boris Petrikovsky dari Wyckoff Heights Medical Center, New York, menjelaskan bahwa timnya telah menganalisa perihal efek dari getaran dan dering yang dikeluarkan oleh ponsel ibu ke pada bayi dalam kandungannya. Penelitian ini membuktikan bahwa bunyi dan getar ponsel ternyata bisa mengganggu siklus alamiah bayi ketika masih di dalam uterus, mereka juga cenderung akan kaget dan terbangun dari tidurnya.

Dilansir dailymail.co.uk, Jumat (8/5), riset yang melibatkan sekitar 29 tim ahli ini menunjukkan bahwa penggunaan ponsel dalam jangka sering selama masa kehamilan bahkan bisa meningkatkan resiko bayi lahir prematur, memiliki tekanan darah yang berlebihan (pre-eclampsia), dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Oleh karenanya, demi menjaga kenyamanan bayi selama dalam kandungan, Petrikovsky menyarankan para wanita hamil untuk sebaiknya menjauhkan ponsel dan gadgetnya dari area sekitar perut mereka.


(cr3/lya)