Paket Misterius KBRI di Australia Bukan Bahan Kimia Berbahaya

KBRI di Canberra Australia terima paket misterius
Kantor KBRI di Canbera
Kantor KBRI di Canbera

POJOKSATU.id, CANBERRA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, Australia melaporkan menerima paket misterius berisi serbuk putih dan cairan kimia pada Senin, (4/5) pukul 10.50 pagi waktu setempat.

Paket yang ditemukan di ruang penerimaan surat dalam gedung KBRI ini diduga bahan peledak ini sudah diperiksa uji lab dan ternyata hasilnya dipastikan paket tersebut tidak berbahaya.

“Hasil uji lab sudah diinformasikan bahwa itu bukan barang yang bahaya,” ujar Menlu Retno Marsudi di Istana Negara.

KBRI di Canberra Australia terima paket misterius
KBRI di Canberra Australia terima paket misterius

Kepolisian Australian sempat menutup jalan di kawasan gedung kedutaan di Yarralumla, dan segera menerjunkan tim penanganan bahan-bahan berbahaya dari Kepolisian Australia (Hazmat) setelah menerima laporan dari KBRI untuk memeriksa paket yang mencurigakan itu.


Namun, hingga kini belum jelas motif pelaku pengirim paket misterius ke gedung Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Australia.

Belum diketahui apakah paket mencurigakan ini berhubungan dengan eksekusi mati dua gembong narkoba ‘Bali Nine’ yang merupakan warga negara Australia.

“Tapi kita masih menunggu apa sebenarnya. Tapi kita sudah dapat informasi awal, bahwa itu bukan barang berbahaya,” jelas Menlu Retno.

(zul)