Jepang Berikan Beasiswa untuk Pelajar Indonesia, Ini Jenis Beasiswanya

Ilustrasi beasiswa
Ilustrasi beasiswa
Ilustrasi beasiswa
Ilustrasi beasiswa

POJOKSATU.id, JAKARTA – Beasiswa luar negeri diberikan oleh negara Jepang untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Melalui beasiswa pemerintah atau Monbukagakusho, Jepang memberikan kesempatan bagi siswa-siswi berprestasi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang untuk tahun akademik 2016 (April 2016).

Para pelamar beasiswa hanya bisa mendaftar ke satu program, antara S1, D3, atau D2. Masa pendaftaran sendiri dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dibuka mulai pada 4 Mei hingga 21 Mei dan hanya bagi pelamar lulusan tahun 2014 dan tahun sebelumnya. Sementara itu tahap kedua dibuka mulai 25 Mei hingga 11 Juni dan hanya bagi pelamar lulusan tahun 2015.

Pelamar beasiswa harus merupakan warga negara Indonesia yang lahir antara tanggal 2 April 1994 sampai dengan tanggal 1 April 1999.


Nilai rata-rata ujian nasional untuk pelamar program S1 adalah 8,4, untuk program D3 8,0, dan untuk program D2 8,0.

Jika pada saat penutupan (11 Juni 2014) Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima.

Sementara itu, bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB), nilai akan disetarakan.

Selain itu sebagai alternatif persyaratan pelamaran, bagi pelamar S-1 yang memilih bidang studi IPS bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3, dan pelamar D-2 bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N4, walaupun persyaratan nilai minimal rata-rata Ujian Nasionalnya kurang.

Pelamar beasiswa juga harus lulus dari SLTA dan sederajat terlebih dahulu (bagi yang menggunakan sistem kelulusan Nasional/UAN), atau akan lulus maksimal 31 Maret 2015 (bagi yang menggunakan sistem kelulusan standar Internasional/IB).

Prosedur pendaftaran diawalin dengan mengisi formulir aplikasi yang dapat diunduh dari situs resmi Kedutaan Jepang, yakni www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html. Kemudian melakukan registrasi secara online melalui link yang tertera pada website resmi kedutaan Jepang untuk kemudian melakukan cetak/printout konfirmasi registrasi online.

Selanjutnya mengirimkan formulir aplikasi, lembar printout konfirmasi registrasi online, fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yang dilegalisir/ dicap basah dari sekolah, fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) bagi yang ada, ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

(mel/zul)